Yayasan Pendidikan Kita diakronimkan menjadi Sandikta. Berdiri tanggal 22 Desember 1982 bertepatan dengan Hari Ibu (Mother’s Day). Dengan demikian, Sandikta adalah Ibu dari sejumlah “anak” yang lahir dari “rahim” perjuangan hidupnya. “Anak-anak” tersebut adalah unit-unit pendidikan dan kerjasama ekonomi sesuai temuan Drs. Moh. Hatta yaitu Koperasi Sandikta.

Unit-unit pendidikan dan Koperasi Sandikta lahir satu per satu sejak era di mana pemerintah belum memiliki cukup dana untuk membantu dunia pendidikan hingga era dana operasional sekarang ini. Sebagai organisasi privat (swasta) Sandikta terbiasa berdiri di atas kaki sendiri, dengan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak swasta lain yang concern atas dunia pendidikan.

Selain menyelenggarakan unit-unit pendidikan formal, Sandikta juga turut memperhatikan kesejahteraan orang-orang yang bersedia mencurahkan waktu berharga mereka untuk mencapai visi dan misi Sandikta. Oleh sebab itu, Sandikta merintis Koperasi Sandikta dengan tujuan membantu untuk meringankan masalah di bidang “prosperity” yang menghantui jutaan orang di Indonesia. Sandikta tentu hanya mengambil porsi kecil upaya ke arah sana, tetapi Sandikta percaya bahwa batu pun akan terlubangi oleh tetesan kecil air secara terus menerus.

Hingga kini, Sandikta telah memiliki lima lembaga formal sebagai berikut:

Sekolah Menengah Pertama Sandikta

SMP Sandikta kini dipimpin oleh Dra. Hj. Babay Suhaimi. SMP Sandikta menekankan pada pola pendidikan yang sesuai dengan jenjang remaja muda yang tengah mencari jati diri. Sebab itu setiap murid di SMP Sandikta dijamin penanganan kepribadiannya agar bisa mengenali diri dan bakatnya.

Sekolah Menengah Atas Sandikta

Sekolah Menengah Atas Sandikta kini dipimpin oleh M. Nor Abdullah, S.Pd., M.Si. melanjutkan kepemimpinanan Dra. Hj. Sri Wening Wiludhani. Di bawah kepemimpinan Mr. Nor SMA Sandikta terus memantapkan jati dirinya sebagai sekolah lanjutan atas umum terfavorit di Kota Bekasi dan sekitarnya dengan aneka inovasi pembelajaran baik offline maupun online, dengan perhatian utama pada peningkatan kualitas pengajar (guru) dan layanan pendidikan bagi para muridnya.

Sekolah Menengah Kejuruan Sandikta

Sekolah Menengah Kejuruan Sandikta pertama kali didirikan dipimpin oleh Drs. H. Arwan, MM. Sejak 1998 hingga saat ini SMK Sandikta memiliki empat kompetensi keahlian yang sangat dimininati oleh warga Kota Bekasi yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran, serta Teknik Komputer dan Jaringan. SMK Sandikta saat ini mengubah strategi dengan tetap mempertahankan kuantitas seraya melakukan intensifikasi kualitas dengan pemanfaatan aneka aplikasi digital yang mampu mendorong kualitas pembelajaran.

Koperasi Karyawan Yayasan Pendidikan Kita

Koperasi Karyawan Sandikta atau Koperasi Sandikta telah dirintis sejak 1998 dengan ketuanya (hingga kini) Sarjono, S.Pd., MM. Koperasi Sandikta berhasil meraih kemajuan yang ditandai oleh kenaikan setiap tahun atas plafon pinjaman. Kini Koperasi Sandikta telah berbadan hukum sendiri dan mulai merambah bisnis online yang semakin luas.

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Sandikta

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Sandikta berdiri tahun 2002 dan pertama kali diketuai H. Kinam Ramawijaya, SH., M.Si. dengan dua program studi yaitu Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Administrasi Niaga. STIA Sandikta mengalami reformasi mendasar saat dijabat oleh Dr. Semerdanta Pusaka, seorang konsultan Pertamina, sehingga banyak inovasi baru yang diterapkan termasuk pembaruan kurikulum dan paradigma baru. Saat ini STIA Sandikta dipimpin Prihandono, S.Sos., M.Si. seorang dosen tetap yang sudah meraih sertifikasi dosen.